3 Cara Mengatasi Gangguan Makan Yang Harus Kamu Lakukan

3 Cara Mengatasi Gangguan Makan Yang Harus Kamu Lakukan

Pasti anda pernah melihat seseorang dengan berat badan kurang dan berat badan berlebih. Menurut anda, manakah yang lebih baik? Yang kelebihan berat badan? Atau justeru yang kekurangan berat badan? Tentu saja kedua kondisi ini adalah kondisi yang tidak menyehatkan. Kedua hal ini merupakan sebuah penyakit gangguan makan. Dimana gangguan makan adalah suatu jenis penyakit yang menyerang pola makan seseorang. Parahnya, jika hal ini tidak diatasi dengan benar, akan menimbulkan kematian. Bagaimana bisa? Berikut beberapa penjelasan terkait gangguan makan dan cara penyembuhannya.

Orang dengan gangguan makan biasanya memiliki kebiasan makan yang tidak baik atau tidak teratur. Mereka akan merasa tertekan ketika mengingat berat badan yang mereka miliki. Dan orang dengan gangguan makan, biasanya memiliki beberapa tipe kondisi, yaitu sebagai berikut :

  1. Anorexia nervosa

Seseorang yang memiliki kondisi anorexia cenderung merasa takut jika mereka memiliki berat badan yang berlebihan. Mereka akan memiliki khayalan akan body image mereka sendiri. Mereka cenderung merasa takut jika dikatakan gemuk oleh orang lain. Dan sangat memperhatikan apa yang dikonsumsi. Sehingga terkadang, mereka akan mengenyampingkan nutrisi dari makanan itu sendiri. Tak sedikit dari penderita anorexia yang akan merasa stress dan tertekan. Kondisi fisik dari penderita anorexiapun memprihatinkan. Mungkin mereka mengira mereka memiliki berat badan yang ideal, namun siapa sangka orang yang emmiliki maslaah anorexia akan memiliki berat badan dibawah rata-rata. Bahkan ada yang sampai terlhat seperti tengkorak saking kurusnya.

  • Bulmia nervosa

Mengenai kondisi yang kedua ini, bisa dikatakan berhubungan dengan anorexia yang sebelumnya sudah dijelaskan. Bahkan penderita bulmia memiliki perilaku yang lebih ektrim. Mereka biasanya memiliki perilaku makan yang berlebihan. Sehingga mereka akan melakukan pengulangan ketika makan atau yang biasa disebut sebagai binge eating. Namun parahnya, ketika mereka makan sesuatu, mereka juga akan melakukan pembersihan dengan mengeluarkan makanan yang sudah mereka konsumsi dengan sengaja. Bahkan ada pula yang sengaja melakukan pembersihan dengan meminum obat pencahar agar mereka bisa mengeluarkan makanan yang sudah ada di perut mereka.

  • Binge eating disorder (BED)

Berbeda dengan penderita bulmia, seseorang dengan gangguan makan BED biasanya akan makan secara berulang-ulang dan mereka cenderung tidak akan berhenti. Kebiasaan makan secara berlebihan inilah yang nantinya akan mengantar mereka pada penyakit obesitas. Dimana berat badan yang mereka miliki diluar kewajaran manusia. Jika anda berada dalam kondisi ini, maka anda perlu berhati-hati. Karena biasanya obesitas akan mengundang berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti diabetes, jantung, dan penyakit kronis lainnya yang mengancam nyawa penderitanya.

download (18)

Lalu bagaimanakah cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa menangani masalah dengan perilaku tidak menyehatkan ini?

  1. Lakukan beberapa perawatan dan pemantauan medis

Hal ini dilakukan agar kita bisa memperbaiki kebiasan atau pola makan yang tidak baik. Anda bisa lebih fokus dalam memperhatikan kapan jam makan yang baik dan benar. Serta makanan apa saja yang bisa dikonsumsi agar mengembalikan kondisi seperti sedia kala.

  • Konsumsilah beberapa nutrisi yang sehat

Dengan memeperhatikan nutrisi yang kita makan, tentu kita bisa mengendalikan atau bahkan menstabilkan berat badan kita kembali. Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli gizi untuk mendapatkan saran yang terpat. Anda bisa menanyakan bagaimana rencana makan yang baik dan benar.

  • Mulailah untuk terapi

Terapi bisa membantu anda untuk sembuh dari trauma gangguan makan yang mengganggu. Anda juga bisa belajar mengekspresikan emosi yang anda miliki dengan baik. Sehingga tak ada lagi kekhawatiran akan pandangan orang lain kepada anda.

Sumber :

www.dokterdigital.com

www.sehatq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *