Lama Durasi Cardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

Lama Durasi Cardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

Cardio merupakan olahraga yang berupa latihan fisik berkaitan dengan menjaga dan mempertahankan kinerja organ jantung. Olahraga ini cukup populer dan banyak dilakukan oleh orang-orang. Salah satu alasannya adalah karena mempunyai manfaat berlimpah, termasuk dalam hal menurunkan berat badan. Agar bisa mendapatkan manfaat cardio secara maksimal, Anda perlu melakukan olahraga ini secara teratur dengan durasi dan teknik yang tepat. Berikut durasi Cardio yang efektif turunkan berat badan yang biasanya dipraktikkan oleh orang-orang.

Lama Durasi Cardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

  1. 30 Menit Per Hari

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari universitas di Amerika menunjukkan bahwa dengan melakukan olahraga cardio secara rutin setiap hari selama tujuh hari dengan durasi minimal 30 menit di tiap harinya bisa berdampak positif untuk penurunan berat badan. Olahraga cardio bahkan dikatakan lebih efektif daripada olahraga angkat beban untuk membakar lemak yang bisa menyebabkan gemuk dan obesitas.

  1. 45 Menit Per Hari

Durasi Cardio yang efektif turunkan berat badan tingkat menengah yaitu 45 menit. Jika memang kondisi fisik Anda mendukung untuk aktivitas fisik sedang hingga berat, boleh mencoba durasi 45 untuk olahraga cardio ringan seperti cross fit, zumba, dan lain-lain. Semakin Anda rutin melakukan olahraga dalam durasi tertentu, tubuh akan terasa lebih fit dan justru terasa aneh jika tidak melakukannya.

  1. 60 Menit Per Hari

Bagi Anda yang telah terbiasa melakukan aktivitas olahraga, durasi 60 menit tidak akan terasa lama. Tubuh akan lebih mudah menyesuaikan gerakan yang dilakukan, sehingga tidak mudah letih. Contoh olahraga cardio yang dapat dilakukan dalam durasi 60 menit per hari misalnya jogging dalam jarak tertentu, bersepeda, basket, dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan olahraga secara teratur sesuai durasi Cardio yang efektif turunkan berat badan, Anda telah berinvestasi kesehatan di masa mendatang. Tidak hanya mendapatkan membantu menurunkan berat badan, olahraga cardio juga bisa menjaga kesehatan jantung serta peredaran darah. Hal ini menjadi ‘tabungan’ yang sangat penting agar di masa mendatang Anda terhindar dari potensi penyakit kronis berbahaya akibat gangguan sistemik pada jantung dan sirkulasi darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *